Mau tahu CR-V dari waktu ke waktu ?
08.04
Autobox's Honda Motor Corp pertama kali memproduksi compact SUV ini pada tahun 1995 silam dengan tiga basis produksinya yakni di Sayama, Jepang, Swindon, Inggris serta Ohio Amerika Serikat. Hingga saat ini masih banyak perdebatan mengenai asal mula nama CR-V, namun paling populer adalah Comfortable Runabout Vehicle serta Compact Recreational Vehicle dimana kedua nama tersebut mengacu pada kelebihan mobil CR-V sebagai kendaraan penjelajah tangguh dan handal namun tetap nyaman bagi penumpangnya. Siapa yang tidak mengenal Honda CR-V ? SUV legendaris milik brand berlambang H itu memang telah lama malang melintang dalam industri otomotif global dan menjadi produk terlaris dan paling diminati dikelasnya. namun berapa banyak dari autolovers mengetahui cikal bakal sejarah mobil tangguh namun stylish tersebut? tak ada salahnya bila kita melihat kembali perjalanan kakak HR-V itu hingga menjadi legenda seperti sekarang.
CR-V Generasi Pertama 1995 - 2001
Honda CR-V merupakan SUV pertama yang didesain oleh Honda dengan konsep dari desainer andalan mereka Hiroyuki Kawase. SUV ini lalu menginjakkan kakinya di tanah Amerika di tahun 1996 melalui ajang Chicago Auto Show serta mulai dipasarkan di bulan Februari tahun 1997. Pada mulanya CRV menggendong mesin berkapasitas 2.0 dengan tenaga 126hp, tapi akibat dirasa tenaganya kurang mumpuni lalu Honda Motot Corp kemudian mengubahnya mesin berkekuatan 146 hp pada tahun 1999.
CR-V pada generasi pertama disuguhkan dalam model mobil berpenggerak dua roda atau real time all wheel drive, platformnya memakai rangka unibody dikombinasikan dengan menggunakan suspensi double wishbone membuat Honda CR-V sangat rigid juga tangguh untuk dibawa melintasi medan yang terjal semi offroad. SUV Tangguh buatan Honda ini diperkenalkan pertama kali di tanah air pada tahun 2000 oleh Honda Prospect Motor, dengan mengusung kode S10.
Spesifikasi Honda CRV Generasi 1
- Tahun produksi : 2000-2002
- Mesin : 1,973cc (2,0 liter). Kode B2OB, B2OZ dan F20A. Semua 4 silinder segaris 16 katup.
- Tenaga : 126 HP @5.400 RPM (B2OB), 150 HP @6.300 RPM (B2OZ) dan 133 HP @6.000 RPM (F20A)
- Torsi : 130 Nm @4.300 RPM (B2OB), 180 Nm @4.500 RPM (B2OZ) dan 159 Nm @3.700 RPM 20A)
- Suspensi Double Wishbone di keempat titik.
- Real Time 4WD (CBU) dan FWD (CKD).
- Transmisi manual 5 percepatan dan transmisi matic 4 percepatan.
- Rem depan cakram dan tromol di bagian belakang.
- Drivetrain : Real Time 4WD (AWD) untuk versi CBU dan penggerak roda depan untuk versi CKD.
- Konsumsi bahan bakar : 6-8km / L (kota), 8-10km / L (luar kota) (* perkiraan dan bervariasi).
- Rival : Kia Sportage, Nissan Terrano, dan Suzuki Escudo.
CR-V Generasi Kedua 2002 - 2006
SUV ini hadir dengan tampilan yang benar benar berbeda pada generasi keduanya, dari segi dimensi pun menjadi lebih bongsor. CR-V kini berbagi platform dengan Honda Civic generasi ketujuh yakni sasis dengan kode RD4 – RD7. Honda Motor Corp pun mengupdate kinerja dapur pacu K24A1 untuk menghasilkan performa lebih bertenaga dimana daya puncaknya mampu menyentuh angka 160hp serta torsi 220Nm.
Tahun 2005 Honda Motor Corp meluncurkan CR-V model facelift dari generasi keduanya, perubahannya meliputi penggunaan model kaki terbaru berukuran 16 inch. Double bulbs H1 headlights memberikan nuansa berbeda pada tampilan muka kendaraan, penyegaran juga dilakukan untuk bentuk radiator grill, tail light serta bumper depan berikut foglampTerdapat 2 jenis mesin CR-V yang ramai beredar di Indonesia; 2.000 cc dan 2.400 cc. Dari beberapa pengguna CR-V yang ditemui, kebetulan semua memiliki unit dengan kode mesin K24A1. Dan ketiga user tersebut cukup puas dengan tenaga mesin 2.400 cc tersebut. Dari sumber yang dikumpulkan, CR-V generasi dua ini memiliki konsumsi bbm dan akselerasi yang cenderung lebih baik akibat power to weight ratio yang lebih pas apabila disandingkan dengan mesin versi 2.400 cc.Tetapi harus diakui, desain eksterior SUV berpenggerak roda depan ini sedikit monoton. Tidak segagah pesaingnya X-trail atau sebesar Escudo. Hal itu tidak membuat SUV buatan perusahaan milik Soichiro Honda itu minder. Brand yang sudah sangat kuat, dan fakta reliabilitas membuat penggemar CR-V tak ambil pusing soal desain.
Spesifikasi Honda CRV Generasi 2
- Tahun produksi : 2002 - 2006
- Kode sasis : RD4
- Mesin : 1,998cc K20A dan 2,354cc K24A1 4 silinder segaris.
- Tenaga : 150 HP @ 6,500 RPM (2,0), 160 HP @ 5.500 RPM (2.4)
- Torsi : 194 Nm @4.000 RPM (2,0), 222 Nm @ 4.500 RPM (2.4)
- Konsumsi bahan bakar : 5-7km / L 9 (kota), 9-11km / L (luar kota) (* perkiraan dan bervariasi)
- Transmisi : manual 5 percepatan dan matic 4 percepatan (2,0 liter). Matic 5 percepatan (2,4 liter)
- Suspensi : depan McPherson strut , belakang independent double wishbone
- Rival: Ford Escape, Nissan X-Trail, Suzuki Grand Vitara, Suzuki Grand Escudo XL7, Mazda Tribute, Hyundai Tucson
CR-V Generasi Ketiga 2007 - 20011
Honda Motor Corp justru memangkas dimensi salah satu andalannya ini di generasi ketiganya untuk membuatnya lebih praktis. Ditawarkan dalam dua buah pilihan mesin yakni mesin berkapasitas 2.0L dan 2.4L. Di generasi ini pula sang SUV mulai memakai model kurva pada bagian buritannya, menjadikan tampilannya terlihat lebih stylish serta modern Honda CRV Gen 3 merupakan penerus dari CRV gen 2 yang telah hadir selama 4 tahun di Indonesia. Mobil ini hadir dengan desain yang lebih atraktif dan sarat akan nuansa modern. Hadir denga kode RE1 dan RE3. Tidak ada lagi roda cadangan yang menempel di pintu belakang khas dan juga kursi pada baris ketiga khas CRV selama ini. Namun beberapa hal juga tidak ada yang berubah dari generasi sebelumnya, seperti mesin yang dihadirkan dalam dua varian dengan perpindahan transmisi yang sama.
Sejak pertama kali dikenalkan, SUV kompak ini telah mencatat penjualan yang sangat bagus, bahkan telah menguasai 50% penjualan pada segmen ini. Namun ketika facelift dilakukan pada tahun 2010, mobil ini mendapatkan rival yang sangat mampu bersaing, sebut saja Hyundai Tucson dan juga Ford Escape. Hal yang paling menarik dari kedua rivalnya tersebut adalah harga yang ditawarkan lebih terjangkau sekalipun itu versi dengan fitur yang paling lengkap. Untuk rivalnya yang lain seperti Nissan X-Trail, perbedaan harga dengan CRV tidaklah terpaut jauh..
Spesifikasi Honda CRV Generasi 3
- Tahun produksi : 2007 - 2012.
- Kode sasis : RE1 dan RE3
- Mesin : 2,0 liter (R20A) dan 2,4 liter (K24Z), 4 silinder segaris 16 katup DOHC.
- Tenaga : 150 HP@4.200 RPM (2,0) dan 170 HP @5.800 RPM (2.4).
- Torsi pucak: 197 Nm @4.200 RPM (2,0) dan 231 Nm @4.200 RPM (2.4)
- Konsumsi bahan bakar: 7-10km / L (dalam kota), 9-12km / L (luar kota) (* perkiraan dan bervariasi)
- Transmisi: 6-speed manual, 5-speed otomatis
- Suspensi: Front McPherson strut independen, belakang independent double wishbone.
- Rival : Chevrolet Captiva, Ford Escape, Hyundai Tucson, Kia Sportage, Mazda Tribute, Mazda CX-7, Mitsubishi Outlander Sport, Nissan X-Trail, dan Suzuki Grand Vitara.
CR-V Generasi Keempat 2012 - Sekarang
Generasi keempat ini pertama kali diluncurkan pada gelaran Los Angeles International Auto Show tahun 2011, sedangkan di Indonesia, HPM baru meluncurkannya setahun kemudian atau tepatnya melalui gelaran IIMS bulan September 2012 dalam 4 variant masing masing 2.0 M/T, 2.0 A/T, 2.4L A/T serta versi tertingginya New CR-V 2.4 Prestige. Dan pada bulan Januari 2015 yang baru lalu, HPM kembali menghadirkan model facelift dari generasi ke 4 SUV ini. Perbedaan SUV versi facelift 2015 dibanding versi sebelumnya diantaranya penambahan beragam fitur terbaru dengan teknologi paling canggih seperti Nano Technology yang mampu membuat kondisi kabin menjadi lebih bersih juga sehat.Honda telah membekali CRV terbaru ini dengan sejumlah fitur mencolok, yang memberikan tampilan menawan.
Berkat rancangan berdasarkan ACE (Advance Compability Engineering), struktur body dan desain Honda CRV terlihat begitu menawan dan mendapat banyak pujian dari berbagai kalangan pencinta otomotif di tanah air. Dimulai dari sisi kiri dan kanan, terdapat beberapa garis karakter yang kuat dan berlapis krom di ambang jendela. Varian tertinggi dengan trim Prestige, menggunakan gagang pintu yang dilapisi chrome, sementara varian lainnya dilapisi cat yang sewarna dengan body mobil. Spion elektrik plus lampu sein yang dapat dilipat secara otomatis diintegrasikan dengan pemanas, fungsinya adalah untuk menghindari adanya uap pada spion ketika menghadapi musim hujan. Di bawahnya, fender melengkung manis mengikuti lengkungan roda. Velgnya sendiri menggunakan hanya menggunakan satu gaya, yang dibalut oleh ban tubeless radial yang memiliki kinerja tinggi.
1 komentar
vidio ayam sabung seru setiap hari!
BalasHapusTersedia 3 Jenis Taruhan Sabung Ayam Live
Sabung Ayam S128 - SV388 - CFT2288 (KUNGFU)
Raih Kemenangan Anda Bersama Kami...
Untuk Info, Bisa Hubungi Customer Service Kami ( SIAP MELAYANI 24 JAM ) :
WA: +628122222995
Telegram : @bolavitacc